Senin, 21 November 2016

Sejarah Singkat CorellDraw


Sejarah CorelDraw

C
oreldraw merupakan software editor grafis berbasis vector, dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation yang berbasis di Ottawa, Kanada. Yang kemudian menjadi nama paket editor grafis Corel. Versi terakhir, sampai artikel ini dibuat adalah Versi X5, diluncurkan pada pertengahan April 2010.
CorelDraw sejak awal dikembangkan untuk Windows dan saat ini dapat berjalan pada Windows 2000 dan versi selanjutnya. Versi untuk Mac OS dan Mac OS X ada awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan. Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi 5.0. Versi terakhir untuk Linux terakhir dibuat tahun 2000. Corel pada Linux tidak berjalan langsung di atas platform, namun harus menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang digunakan untuk meng-install Photoshop pada Linux.
Pada 1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem desktop-publishing berbasis Intel.
Pada 1987, Corel merekrut beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing Corel. Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada 1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya corel hanya focus pada pengambangan software.
CorelDraw dibuat utk Windows bersamaan dengan diluncurkanya Windows 3.1. dengan dimasukkannya TrueType ke dalam Windows 3.1 menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang mampu menggunakan fonts yang ada tanpa membutuhkan software tambahan seperti Adobe TypeWriter.
Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada CorelDraw : Note-edit tool, stroke before fill, mesh fill dan sebagainya.
CorelDraw memiliki perbedaan mencolok dibandingkan kompetitornya. Yang pertama bahwa CorelDraw adalah suatu paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangn warna bahkanmengubah dari mode RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK (Cyan Magenta Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan Corel PhotoPaint.
Pesaing utama CorelDraw adalah Adobe Illustrator dan Xara Extreme. Meskipun mereka semua juga program editor gambar berbasis vector, namun pengalaman pengunanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok.
CorelDRAW adalah software pembuat grafik vector yang mana dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di Ottawa, Kanada. Versi terakhir dari CorelDRAW adalah versi X5 atau versi 15 yang diluncurkan di bulan februari 2010.
Sejarah CorelDRAW pertama kali dibuat pada tahun 1987, Corel Corporation mempekerjakan teknisi software Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vector untuk disatukan dengan sistem desktop publishing mereka. Mulanya program CorelDRAW dirilis pada tahun 1989, CorelDRAW 1.x dan 2.x berjalan pada Windows. CorelDRAW 3.0 rilis bersamaan dengan microsoft windows 3.1. Fakta yang terdapat dalam true type pada windows 3.1 merubah CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat menggunakan Sitem instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Type Manager.
Keunggulan dari setiap versi :
• Ver.2 (1991) : Envelope Tool (Untuk memecah teks atau objek menggunakan shape utama), Extrusion (untuk mensimulasi gambar dan volume dalam objek) dan Perspective (Untuk memecah objek sepanjang X dan Y)
• Ver.3 (1992) : Terdapat Corel PHOTO PAINT* (untuk mengedit bitmap), CorelSHOW (Untuk membuat on-screen presentasion), CorelCHART (untuk Grahpic chart), Mosaic dan CorelTRACE (untuk vectorizing bitmaps).
• Ver. 4 (1993) : Termasuk Corel PHOTO-PAINT* (untuk mengedit bitmap),CorelSHOW (untuk membuat on-screen presentasion), CorelCHART, CorelMOVE, Mosaic dan corelTRACE.
• Ver. 5 (1994) : Ini adalah versi terakhir yang dibuat dan berjalan pada windows 3.x. Termasuk Corel Ventura yang ada didalamnya (lalu dijual terpisah) ini adalah desktop publishing yang mirip dengan PageMaker, Quark Express, atau InDesign.
• Ver.6 (1995) : Ini adalah versi pertama yang mana dibuat se-ekslusif mungkin untuk windows 32-bit. Termasuk Corel Memo, Corel Presents, Corel Motion 3D, Corel Depth, Corel Multimedia Manager, Corel Font Master dan Corel DREAM (untuk membuat objek 3D) ada didalamnya. Fitur-fitur baru telah disesuaikan dengan Interface, Polygon, Spiral, Knife dan Eraser tools.
• Ver.7(1997) : Properti bar yang sensitif (Context-sensitive Property bar), Print Preview dengan Zoom dan Pan, Scrapbook (untuk melihat, menggeser dan menempatkan objek), mencetak ke dalam HTML, Draft dan Enhanced display, Interactive Fill dan Blend tools, Transparency tools, Natural Pen tool, mencari & mengganti wizard, merubah Vector menjadi Bitmap (ketika dalam CorelDRAW), pengecek ejaan (Spell checker), Kamus (Thesaurus) dan pengecek susunan bahasa (Grammar checker). Corel Scan and Corel Barista (dokumen pertukaran format berbasis java ) juga termasuk dalam versi ini.
• Ver.8(1998) : Digger selection, dudukan windows (Docker windows), memecah teks atau objek (Interactive Distortion), 3D, Envelope and tools, efek pemberi bayangan yang realistis (Realistic Dropshadow tool), pencamupran warna (interactive color mixing), penyusun tempat-tempat warna (color palette editor), garis bantu sebagai objek (guidelines as objects), merubah ukuran halaman (custom-sized pages), duotone support. Corel Versions juga termasuk didalamnya.
• Ver.9(1999) : Mesh fill tool untuk pencampuran warna yang lebih kompleks, Artistic Media tool, mencetak kedalam PDF, menyatukan profile warna ICC (embedded ICC color profiles,) Multiple On-screen Color Palettes dan Microsoft Visual Basic untuk mendukung aplikasi 6. Canto Cumulus LE, bagian dari software untuk pengaturan media juga termasuk dalam versi ini.
• Ver.10(2000) : CorelR.A.V.E. (untuk animasi vector), Perfect Shapes, Web graphics tools (untuk membuat element-elemen yang interaktif seperti tombol), penyortir halaman (Page sorter), dokumen multibahasa (multilingual document support), petunjuk window (navigator window). buka, simpan, import dan eksport dalam format SVG.\
• Ver.11(2002) : Kumpulan simbol-simbol (Symbols library) yang langsung dapat diambil, memotong gambar (untuk mendesain web), pressure-sensitive vector brushes, 3 titik alat menggambar (3-point drawing tools).
• Ver.12(2003) : Panduan yang dinamis (Dynamic guides), alat menggambar pintar (Smart Drawing tools), mengekspor kedalam MS Office atau Word, bagian alat penghapus virtual (Virtual Segment Delete tool), mendukung teks yang unicode (Unicode text support). Unicode adalah Sistem yang memiliki kemampuan untuk menuliskan, memproses, dan menampilkan berbagai aktifitas dari tulisan itu sendiri. Teknologi ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah penulisan dengan bahasa yang ditulis bukan menggunakan tulisan yunani.
• Ver.13(2006) : memotong dengan mengklik 2 kali (software vector pertama yang mampu untuk memotong sebuah grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama), Smart fill tool, Chamfer/Fillet/Scallop/Emboss tool, ruang pengaturan gambar (Image Adjustment Lab). Menjiplak/Trace menjadi terintegrasi didalam CorelDRAW dibawah kendali PowerTRACE.
• Ver.14(2008) : Layanan pengidentifikasi huruf (font) terkait didalam CorelDRAW, ConceptShare, Table tool, independent page layers, live text formatting, mendukung file kamera *.RAW.
• Ver.15(2010) : pengaturan isi (CorelCONNECT), pengelolaan warna, alat-alat grafis dan animasi, pengembangan kinerja multi-core, konten digital bernilai tinggi (profesional huruf/fonts, clip arts, dan foto-foto), mengisyaratkan objek (object hinting), pixel view, Mesh tool ditingkatkan dengan transparansi, menambahkan dukungan sentuh (added touch support), dan mendukung berbagai format file. Corel telah mengembangkan transformasi, yang mana dapat membuat banyak salinan dari satu objek.
Pendiri CorellDraw
Dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, seni bisa dituangkan dalam bentuk yang bermacam-macam, terutama yang berkaitan dengan grafis. Corel Draw tentunya sudah tidak asing ditelinga kita saat ini, Corel Draw adalah software aplikasi pengolah gambar vektor bisa dibilang perangkat lunak untuk membuat gambar vektor, software ini merupakan salah satu produk dari Corel Corporation, perusahaan pembuat perangkat lunak komputer yang didirikan pada tahun 1985 di Ottawa Kanada. Corel Draw sangat laris dipasaran dan banyak digunakan untuk membuat desain grafis yang bagus,
mungkin corel sudah sangat familiar bagi desainer-desainer saat ini tapi apakah mereka atau bahkan anda tahu siapa penemu Corel Draw.....
Dialah Michael Cowpland lahir pada tanggal 23 tahun 1943, menerima gelar teknik Bsc dari Imperial College di London kemudian pada tahun 1964 pindah ke Kanada lalu menyelesaikan pendidikan masternya pada tahun 1968 dan akhirnya mendapat gelar Ph.D. dari Universitas Carleton Ottawa pada tahun 1973. Dia adalah salah satu Entrepreneur dari Kanada , businessman, dan pendiri dari Corel, dia cikal bakal yang melakukan research laboratory ("Corel" kepanjangan dari "Cowpland Research Laboratory"). Perusahaan ini melesat sangat cepat begitu produk CorelDraw muncul dipasaran, dan menjadi perusahaan software terbesar di Kanada
Halo para pembaca. Kita ketemu lagi di blog dan postingan saya. Saya akan membahas mengenai design grafis. Jika anda seorang designer atau kuliah mengambil jurusan design dan senang dengan hal-hal yang berbau design grafis, tentunya sudah paham betul tentang Software CorelDraw atau rekannya photoshop dan aplikasi sejenisnya. Tapi sudah tahukah Anda Sejarah Awal Mula CorelDraw? Untuk melengkapi pengetahuan anda yang saat ini mungkin sedangbelajar Corel Draw berikut ini saya berbagi informasi tentang sejarah dan perkembangan CorelDraw. Coreldraw merupakan software editor grafis berbasis vector, dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation yang berbasis di Ottawa, Kanada. Yang kemudian menjadi nama paket editor grafis Corel. Versi terakhir, sampai artikel ini dibuat adalah Versi X6, diluncurkan pada pertengahan Maret 2012.
CorelDraw sejak awal dikembangkan untuk Windows dan saat ini dapat berjalan pada Windows 2000 dan versi selanjutnya. Versi untuk Mac OS dan Mac OS X ada awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan. Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi 5.0. Versi terakhir untuk Linux terakhir dibuat tahun 2000. Corel pada Linux tidak berjalan langdsung di atas platform, namun harus menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang digunakan untuk meng-install Photoshop pada Linux.
Pada 1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem desktop-publishing berbasis Intel.
Pada 1987, Corel merekrut beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing Core
Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada 1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya corel hanya focus pada pengambangan software.
CorelDraw dibuat utk Windows bersamaan dengan diluncurkanya Windows 3.1. dengan dimasukkannya TrueType ke dalam Windows 3.1 menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang mampu menggunakan fonts yang ada tanpa membutuhkan software tambahan seperti Adobe TypeWriter.
Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada CorelDraw : Note-edit tool, stroke before fill, mesh fill dan sebagainya.
CorelDraw memiliki perbedaan mencolok dibandingkan kompetitornya. Yang pertama bahwa CorelDraw adalah suatu paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangn warna bahkanmengubah dari mode RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK (Cyan Magenta Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan Corel PhotoPaint.
Pesaing utama CorelDraw adalah Adobe Illustrator dan Xara Extreme. Meskipun mereka semua juga program editor gambar berbasis vector, namun pengalaman pengunanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok

selanjutnya klik box tersebut,setelah itu pilih tombol ke bagian kanan yang bernama modify
kemudian akan tampil seperti ini
pada modifier list kita pilih edit poly, kemudian kita klik box tersebut, dan kita edit sesuai dengan bentuk yang kita inginkan yaitu baling-baling kipas. Pengeditan tersebut diatur berdasarkan vertex, edge, dan polygon sehingga box tersebut bentuknya menyerupai baling-baling. Apabila baling-baling tersebut hampir tebentuk. Hal yang harus kita lakukan selanjutnya adalah membentuk bangun tersebut bertekstur lembut yaitu dengan cara menggunakan efek turbo smooth pada modifier list.
hasilnya adalah sebagai berikut.
lalu gambar tersebut kita copy menjadi empat buah dengan cara menaahan tombol shift dan geser bangun tersebut menjadi empat bagian.
selanjutnya kita membuat bangun yang lainnya seperti gagang, jaring, alas, tombol caranya sama seperti membuat baling-baling tersebut.
setelah itu kita rangkai bangun tersebut sehingga menjadi sebuah kipas angin.
setelah bangun tersebut selesai dibuat selanjutnya kita akan membuat animasi dari bangun tersebut. bangun yang kita buat animasinya yaitu baling-baling dan tombol kipas angin. Perputaran kipas angin akan semakin cepat sesuai dengan tombolnya.
Untuk membuat animasi terdapat dua cara, pertama dengan menggunakan auto key yang kedua dengan menggunakan set key disini gw menggunakan set key.
saya menggunakan set key supaya mudah diatur berdasarkan waktu yang saya inginkan.
setelah saya klik set key, parameter waktu akan menjadi warna merah, kemudian posisi waktunya kita atur berimbang dengan perpindahan posisi bangun. Jadi kita atur dulu waktunya dengan menggeser parameter tersebut setelah itu kita atur posisi bangun yang akan kita buat agar pada waktu tersebut terekam posisi bangun tersebut. untuk merekam posisinya kita gunakan tombol kunci

Ini adalah hasilnya setelah dirender.
Tampak depan:
Tampak samping:
Tampak belakang:
ini adalah contoh videonya:
Sebenarnya Corel Draw tidak bisa untuk membuat Animasi, tapi biar keren aku buat judul seperti diatas..hehehe... dan aplikasi yang kita gunakan adalah Corel Photo Paint(merupakan bagian Corel Draw Graphics Suite) adalah aplikasi yang akan kita gunakan untuk membuat gambar animasi yang bergerak (penulis menggunakan Corel Photo Paint X5). Biasanya di komputer kita Corel Photo Paint ini sudah tersedia karena aplikasi ini merupakan standar yang paling popular disamping Adobe Photoshop, jadi gak perlu lagi download. Tapi kalau belum punya, cobalah cari aplikasinya di mbah Google. Hehehe......, kalau sudah ketemu instal semua Corel Draw Graphics Suite maka Corel Photo Paint otomatis akan ikut terinstal.
Ok, mari kita mulai..!
Pertama siapkan beberapa gambar yang kita buat di Corel Draw yang nantinya akan digabungkan menjadi satu atau sampeyan bisa Setting desain langsung di Corel Photo Paint atau CorelDRAW
Sebagai contoh kita buat gambar seperti dibawah ini;
Untuk mempermudah proses belajar dan agar tidak merepotkan. sampeyan bisa copy contoh beberapa gambar yang belum di gabungkan di link berikut ini:
[Gambar 1], [Gambar 2], [Gambar 3], [Gambar 4], [Gambar 5]
Setelah itu, buka aplikasi Corel PHOTO-PAINT X5. (atau versi lain yang ada di komputer sampeyan)
Pilih New dan akan muncul tampilan seperti ini:
Keterangan:
Size (ukuran gambar) = pilih Custom, kalau Anda menginginkan ukuran yang sesuai. Untuk width = 200
dan untuk height = 195. Ukuran ini adalah ukuran yang sesuai dengan ukuran gambar yang saya siapkan.
Satuan size (satuan ukuran gambar) = pilih pixels
Resolution = pilih 72 (untuk meminimalisir besarnya size)
Background color (warna latar) = pilih warna putih
Color mode = 24-bit RGB
Number of frames = ketik 5 (jumlah gambar yang akan di gabungkan).
Setelah itu klik OK.
Kemudian akan muncul tampilan seperti ini:
Langkah-langkah pembuatan model Globe dengan 3ds max 9
Kali ini kita akan belajar membuat sebuah model globe. Pertama kita buat dulu bola dengan objek sphere.
1. Klik pada panel geometry -> Sphere
2. Klik pada salah satu viewport untuk membuatnya. Klik-tahan-dan lepaskan.
Sehingga akan tampil seperti gambar berikut :
Selanjutnya kita akan gunakan map browser untuk menyematkan peta pada bola yang telah kita buat.
1. Buka menu Rendering -> Map Material
2. Pada rollout maps pilih difuse color dan klik none
3. Kemudian klik dua kali pada bitmap untuk mengambil gambar yang akan disematkan pada bola yang telah dibuat.
4. Pilih gambarnya dan klik open.
5. Kemudian akan tampak seperti ini:
6. Kemudian drag gambar yang telah kita sematkan tadi dan lepaskan pada salah satu viewport. Maka hasilnya akan seperti ini :
7. Pada dasarnya globe telah selesai, namun kita masih bisa membuatnya menjadi lebih menarik dengan efek cahaya.
8. Pada rollout object type pilih lights dan klik Target direct. Atau target spot. Ini disesuaikan dengan keinginan kita.
9. Lalu pilih panel modify dan klik atmospheres & effect.

10. Pada tahap ini efek yang diberikan dibebaskan pada kita. Cobalah beberapa lens effects parameter.
11. Untuk melihat hasil efeknya tekan F9 untk melihat tampilan.
12. Jika kita ingin mewarnai peta yang telah kita sematkan, kita dapat memilih Volume light. Pada Ambient, klik dan tentukan warnanya. Untuk color adalah pilihan untuk warna dasarnya.
13. Setelah kita memainkan efek pencahayaan dan pewarnaan, simpan model yang telah kita buat.
14. Hasilnya adalah seperti berikut:
Semoga bermanfaat
Lalu isi setiap halaman dengan gambar yang telah di sediakan atau sampeyan bisa membuat langsung gambarnya di halaman tersebut. Untuk menempel (Paste) gambar yang telah disediakan harus berhati-hati. Karena kalau terjadi kesalahan semua halaman akan menjadi gambar sama.
Cara meletakkan gambar:
Copy gambar yang ingin di tempel Lalu klik menu Edit --> Paste
Paste memiliki beberapa pilihan yaitu:
Paste As New Object (itu berarti sampeyan menempel gambar pada setiap halaman, yang ini harus dihindari).
Paste As New Selection (itu berarti sampeyan menempel gambar pada satu halaman saja, dan inilah yang
harus Anda pilih).
New From Clipboard (menempel dan merubah halaman menjadi satu halaman saja. Ini juga harus dihindari). Penting ! setelah sampeyan mem-paste denganPaste As New Selection, sampeyan harus mengklik bagian luar dari halaman (bagian luar gambar) agar gambar tidak muncul pada semua halaman. Area yang berwarna abu-abu adalah area diluar halaman. Klik (lakukan dengan sengaja) pada area tersebut agar gambar yang sama nantinya tidak muncul pada semua halaman. Lakukan beberapa kali agar tidak terjadi kesalahan. Karena kalau hanya sekali saja mengklik, ada kemungkinan gambar akan muncul di semua halaman.
Setelah sampeyan yakin sudah meng-klik dengan benar, barulah dapat dilanjutkan ke halaman berikutnya dengan klik tab seperti gambar dibawah ini yang dilingkar merah.
Setelah semua gambar dimasukkan, save file tersebut dengan save as type GIFAnimation, lalu klik Save.
Kemudian akan muncul window seperti ini:

Keterangan:
Palette = pilih optimized (agar kualitas gambar bagus)
Lalu klik OK.
Setelah itu akan muncul lagi sebuah jendela Animasi Options. Beri centang "Loop Frame", kemudian pilih "Forever" untuk fitur animasi terus bergerak.
Klik OK, selesai…!!!
File akan muncul dengan nama Untitled-1 di tempat sampeyan menyimpannya.
Contoh hasil Animasi akan seperti ini;








Grafis berbasis Vektor dan Bitmap
Grafis merupakan kata lain dari citra visual (image).
Atribut Grafis
1.Warna
CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black)
RGB (Red, Green, Blue)
BW (Black White)
2.Resolusi Grafik
mendeskripsikan tentang banyaknya detail gambar yang tersimpan. Resolusi
sering digunakan sebagai jumlah pixel dalam pencitraan gambar digital.
3.Tipe File
BMP, JPG, PNG, GIF, PCX, CDR, SVG

Tipe/ Jenis Grafis
1. Grafis Bitmap
Gambar bitmap merupakan duplikat atau tiruan persis dari gambar asli
dalam bentuk gambar digital. Gambar jenis ini tersusun dari sejumlah titik
pixel (picture element)/dot/point/titik koordinat yang ditempatkan pada
lokasi-lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri sehingga membentuk
pola tertentu di layar komputer. Pola yang terbentuk itulah yang
menghasilkan atau menimbulkan kesan gambar.
2. Grafis Vektor
Gambar vektor adalah gambar yang tersusun oleh sekumpulan garis,
kurva, dan bidang tertentu dengan menggunakan serangkaian instruksi
yang masing-masing didefinisikan secara matematis. Setiap garis, kurva,
dan bidang tertentu tersebut mempunyai properti atau atribut masingmasing berupa fill, stroke, dan node. Gambar vektor tidak dipengaruhi
oleh resolusi gambar atau titik pixel (dpi) seperti pada gambar bitmap.

Perbedaan Grafis Vektor dan Bitmap secara visual

https://missimanakondou.files.wordpress.com/2012/08/perbedaan-grafis-vektorbitmap-secara-visual2.jpg?w=604
Perbedaan Grafis Vektor dan Bitmap
https://missimanakondou.files.wordpress.com/2012/08/perbedaan-grafis-vektor-bitmap1.jpg?w=604&h=373
Grafis Vektor
● Tampilan akan terlihat jelas meskipun dilakukan pembesaran
(zooming) karena tidak bergantung pada banyaknya pixel.
● Kehalusan gambar grafis vector tidak bergantung pada ukuran
dpi, tetapi pada out put device, seperti monitor dan printer.
● Semakin canggih output device yang digunakan, semakin halus
grafis yang tampak.
https://missimanakondou.files.wordpress.com/2012/08/keunggulankelemahan-vektor1.jpg?w=604&h=168

Jenis File Grafis Vektor
1. AI
Format file yang dikembangkan oleh Adobe System untuk file berbasis vektor,
dan merupakan format default pada software Adobe Illustrator
2. CDR
Format file yang dikembangkan oleh Corel Corporation untuk file berbasis vektor. Merupakan format default dari software Corel Draw
3. SVG(Scalable Vector Graphics) merupakan format file baru untuk menampilkan grafik dalam pengembangan web
yang berbasis XML (eXtensible Markup Language
4. WMF(Windows Meta File)
merupakan format file berbasis vektor pada Microsoft Windows yang dikembangkan mulai 1990an. Di Windows format file ini digunakan untuk gambar Clipart pada program Ms. Office

APLIKASI PENGOLAH VEKTOR
Program aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis serta menghasilkan kombinasi beberapa garis lurus, maupun garis lengkung. Program ini biasanya digunakan dalam bisnis percetakan/ penerbitan.
Contoh Aplikasi :
1. Proprietary : CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Freehand, Xara Xtreme
2. OpenSource : Inkscape, LibreOffice Draw, Xara Xtreme for Linux

Grafis Bitmap
● Grafis desain bitmap dibentuk dengan raster /pixel (picture
element) /dot /titik
● Satuan ukuran grafis jenis bitmap adalah dpi (dot per inch) yang
berarti banyaknya titik dalam satu inch.
● Dalam file computer, grafis bitmap biasanya berekstensi:
(.bmp, .jpg, .tif, .gif, .pix dan .pex.)
https://missimanakondou.files.wordpress.com/2012/08/keunggulankelemahan-bitmap.jpg?w=604&h=162

Jenis File Grafis Bitmap
https://missimanakondou.files.wordpress.com/2012/08/tipe-file-bitmap.jpg?w=604&h=370

APLIKASI PENGOLAH BITMAP
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching).
Contoh Aplikasi :
1. Proprietary :Corel Photo-Paint, Adobe Photoshop, PhotoPerfect
2. OpenSource :GIMP, DigiKam, TuxPaint

Kolaborasi Vektor dan Bitmap
Grafis Bitmap dapat dimasukan ke dalam program aplikasi vektor, begitu juga sebaliknya.
Contoh:
Jika anda ingin mendesain sebuah poster dengan menggunakan
program corel draw, anda dapat memasukan grafis bitmap ke
dalam file yang sedang anda kerjakan. File yang disimpan akan
bernama “file.cdr” kemudian Grafis vektor tersebut dikonversi
menjadi bentuk bitmap, proses ini disebut dengan “rasterize




Cara Menginstal dan Aktivasi CorelDraw X4



CorelDraw X6 Full Version



Cara Install CorelDraw X4, X5, X6 Full Version dengan Keygen |  Kita pasti sudah biasa dengan aplikasi CorelDraw, apalagi jika sobat adalah desainer yang sering menggunakan program ini, nah untuk menjelaskan pada posting yang lain yaitu pada CorelDraw x4, CorelDraw x5,CorelDraw x6 saya akan posting mengenai cara menginstal program tersebut Full Version yang mana harus juga dijalankan aplikasi Keygen untuk mendapatkan serial number dan sekaligus aktivasi programcorelDraw x4corelDraw x5, corelDraw x6. Pada tutorial kali ini saya akan memberikan tutorial dengan menggunakan CorelDraw X6, namun cara ini juga bisa diaplikasikan dalan menginstal corelDraw x4 dan corelDraw x5. Bagi yang belum punya aplikasinya silahkan mampir CorelDraw x4,CorelDraw x5, CorelDraw x6

Penting ! yang saya contohkan adalah cara instal CorelDraw X6, jika sobat instal X4 atau X5 langkahnya sama.

Langkah Instalasi,
1. Jalankan Aplikasi dengan ekstensi .exe (CorelDRAWGraphicsSuiteX6Installer_EN32Bit.exe)
2. Tunggu sebentar hingga muncul tampilan sebagai berikut :

Install CorelDraw X6 Full Version

3. Centang pada I accept the terms in the license agreement > Klik Next

Install CorelDraw X6 Full Version

4. User name diisi bebas, > Klik pada I have a serial number.
5. Jalankan aplikasi Keygennya, hingga muncul tampilan berikut :
(Penting ! Agar keygen jangan di exit/close terlebih dahulu, sekalian buat aktivasi)

Install CorelDraw X6 Full Version

6. Pada Program, Pilih Corel Draw Graphics Suite X6, Klik Serial (kiri bawah), Copykan Serial Number pada Langkah 3 tadi, seperti berikut :

Install CorelDraw X6 Full Version

7. Klik Next, hingga muncul tampilan berikut :

Install CorelDraw X6 Full Version

8. Untuk memudahkan klik Pada Typical Installation, namun jika ingin dimodifikasi klik custom installation,

Install CorelDraw X6 Full Version

9. Tunggu proses instal selesai sambil minum kopi, hehehehe
10. Selesai dech proses installnya.

Langkah Aktivasi

1. Jalankan Program CorelDraw X6 yang sudah di install, sehingga akan muncul tampilan berikut :

Install CorelDraw X6 Full Version

2.  Klik pada Other activation options, sehingga muncul sbb :

Install CorelDraw X6 Full Version

3. Klik Phone Corel, sehingga muncul sbb :

Install CorelDraw X6 Full Version

4. Kembali ke aplikasi keygen, masukkan instalasi kode pada keygen.

Install CorelDraw X6 Full Version

5. Klik Activation

Install CorelDraw X6 Full Version

6. Masukkan Activation Kode seperti gambar diatas. > Klik continue

Install CorelDraw X6 Full Version

7. Klik Close, Selesai.

Install CorelDraw X6 Full Version


Corel Draw
Pengertian Corel Draw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.
pengertian corel draw
Keunggulan program Corel Draw
Suatu program yang baik tentu saja memiliki keunggulan yang signifikan. Beberapa keunggulan program Corel Draw antara lain adalah:
http://cdn.adnxs.com/p/9d/c3/ef/2c/9dc3ef2caa2d1fde4b5b45c50237f34a.jpg
·         Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
·         Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
·         Corel Draw sangag baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.
·         Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.
tampilan antar muka corel draw
Kegunaan dari program Corel Draw
Jika berbicara masalah kegunaan Corel Draw, sebenarnya ada cukup banyak dan bahkan bisa dikatakan sangat banyak. Namun bagi para penggunanya, program Corel Draw seringkali dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:
1.     Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.
2.     Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.
3.     Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.
4.     Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.
Demikian adalah beberapa contoh kegunaan Corel Draw, yang mana selain itu masih banyak kegunaan yang lain. Mungkin anda bisa menambahkan kegunaan Corel Draw yang telah anda lakukan sendiri. Yang jelas program Corel Draw ini adalah program yang sangat populer dan banyak digunakan oleh orang. Hampir semua komputer terinstall program Corel Draw.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar